Bedebah Negeri (Siapa)

Sejak membaca karya awalnya berkarier, Moga Bunda Disayang Allah, saya memutuskan tak akan membeli bukunya TL. Bukan gue banget. Baca sih tetep, tapi pinjam aja deh 😉

Kenapa kemudian beli buku ini, adalaha karena dia bilang ini novel politik yang menyindir SBY. Asyik nih, politik yang dibungkus menjadi novel jauh lebih meyakinkan dan mendebarkan daripada urusan real politik itu sendiri. Ada simpang siur data dan fakta yang berpotensi memicu banyak konflik, melibatkan banyak kepentingan, dengan disclaimer ‘fiktif’ 😉

Novel bahkan bisa menjadi lebih real daripada kenyataan di lapangan ya. Semisal tenggelamnya kapal Titanic sudah terjadi dalam bentuk novel, bertahun-tahun sebelum malapetaka itu terjadi.

Continue reading Bedebah Negeri (Siapa)

Advertisements

Lamunan Liar Sang Sopir Truk

Awalnya mau saya kasi judul, Jatuh cinta pada si Iqbal 🙊 Hihihi, apa bedanya saya dengan para mahmud pemuja sekaligus musuh yang dipujanya. Iqbal ini malah suka berteman dengan orang-orang yang kontra dengannya, membuatnya bergairah untuk terus berdebat, tanpa terlalu diambil hati. Katanya sih… 😁

Belinya di lapak Siti Maryamah, endorsenya oleh Siti Maryamah, Jihan, Puthut, beserta sejumlah nama yang sering wara wiri di jagad maya. Dunia ternyata ‘sempit’ ya…

Continue reading Lamunan Liar Sang Sopir Truk

Teladan Para Ibunda Salehah

“Kamu ini diciptakan dengan penampilan yang membuatmu tidak cocok bergaul dengan anak muda. Maka jadilah orang yang taat beragama dan berilmu, sebab kedua hal itu akan menyempurnakan semua kekurangan dan menghilangkan semua keburukan.” (hal 152)
Nasehat ibunda dari Muhammad bin ‘Abdurrahman al Makhzumy, seorang hakim. Nasehat ini disampaikannya, demi menyadari bahwa putranya ini (konon) berpostur pendek, berparas amat jelek, lehernya masuk ke dalam, sedangkan kedua pundaknya menonjol seperti batu.

“Wahai putraku, tuntutlah ilmu, dan aku siap membiayaimu dari pintalanku… Wahai putraku, jika engkau telah mencatat sepuluh kalimat, maka perhatikan; Apakah engkau bertambah takut, sabar, dan sopan? Jika engkau tidak demikian, maka ketahuilah bahwa semua kalimat tadi akan membahayakanmu dan tidak bermanfaat bagimu,” (hal 156-7)
Pesan dari ibunda Sufyan ats Tsauri, seorang amirul mukminin dalam ilmu hadist di jamannya.

Continue reading Teladan Para Ibunda Salehah

Apesnya Si Tengah

“…aku berharap dia sadar betapa dia sangat beruntung karena memiliki seorang adik seperti aku.” (hal.215)

Bisa menyimpulkan bagaimana ceritanya dari judul serta kalimat penutup di atas? 😉

Greg, si bocah tengil yang memiliki diary. Dia anak kedua dari tiga bersaudara. Kakaknya Rodrick, adiknya Manny. Ayah dan ibu yang, meski tak terlalu kompak, sangat memperhatikan anak-anaknya.

Continue reading Apesnya Si Tengah

Cinta Yang Kacau

Aku tak pernah percaya, ada sebuah persahabatan yang tulus antara seorang laki-laki dan perempuan tanpa adanya embel-embel perasaan lain yang mengikutinya (hal 34)

Inilah tema besar yang diangkat oleh novel roman ini. Seperti judulnya, banyak dialog yang lebih berhubungan dengan hati, yaitu suara hati Agia, suara hati Rain, dan suara hati Bari.

Continue reading Cinta Yang Kacau

Hubungan Nyata Itu Lebih Baik

Sebenarnya agak malu juga mengetahui bahwa arti kancut adalah celana dalam. Pertimbangan saya beli buku ini adalah karena covernya unyu, lalu menebak isinya pasti lucu, dan kebetulan harganya lagi diskonan 😄 Memang sih, isinya lucu dan mengandung nostalgia, tapi kayaknya sudah bukan masanya saya baca buku semacam ini. Too old to read this book, hehehe…

Udah 26 tahun! Udah om-om! (hal 116)

Ini kalimat menohok banget, mengingat saya belum menikah di usia ini, baru persiapan. Sementara saat saya membaca buku ini, sudah beranak dua 😂

Continue reading Hubungan Nyata Itu Lebih Baik

Rumitnya Cinta 

Sebuah kisah percintaan kaum urban. Andrina Janice yang menjalin hubungan dengan James, harus menerima kenyataan pahit bahwa James sudah memiliki istri. Demi Drina, James akan mengajukan perceraian atas dasar sikap buruk istrinya. Serangkaian rayuan dilancarkan James demi kembali kepada Drina, mulai dari sms, telpon, bunga, hingga menghadiahinya sepatu, barang favorit Drina.

Suasana hatinya yang kalut, diperburuk dengan kehadiran Daniel, mantan tunangannya sebelum berhubungan dengan James, yang kini menjadi GM baru di kantornya. Namun Daniel berubah, seorang boss galak yang berusaha menjaga jarak dengan anak buah yang juga mantan kekasihnya.

Continue reading Rumitnya Cinta