Niat Baik Bersama Keluarga

Judul komik: Pengen Jadi Baik 3
Penulis dan komikus: Squ
Editor dan layout: Squ
Penerbit: Wake Up Early Self Publishing, 2016
Tebal: 159 hal

Ini seri ketiga yang kabarnya tak beredar bebas di toko buku. Saya hanya mengikuti share dari teman, tidak memiliki seri pertama dan kedua, jadi tak mengikuti benar seperti apa.

Senengnya, anak saya langsung ndoprok di lantai lalu menekuni halaman demi halaman. Tak hanya itu, di antara sejumlah buku di rumah yang iseng dia bawa ke sekolah, komik Pengen Jadi Baik ini salah satunya. Biasanya, kalau saya sodorkan buku, dia bolak balik sampai habis lalu sudah. Komik ini bolak-balik dibolak-balik 😀

Ceritanya simpel, soal keseharian, lucu sih, tapi tak sampai bikin ngakak. Cekikikan aja, karena ada rem berupa hadist dan ayat serta kesantunan perilaku. Saat ada perilaku menyimpang atau kurang sesuai dengan tuntunan agama, komik menunjukkan hadistnya dalam kolom terpisah, ditujukan kepada pembaca. Kepada yang bersangkutan, diingatkan melalu cerita atau tidak dibahas. Intinya, komik mengajak pembaca berdialog.

Seperti kata pengantar dari komikus Handry Santria, komik ini tidak terkesan menggurui. Jauh dari kesan umat Islam kebanyakan yang lebih suka rame rame daripada duduk di majelis taklim atau mengikuti pengajian. 

Dunia Islam memang sedang miskin budaya literasi, sehingga sebuah jalan asimilasi melalui komik ini menjadi jembatan yang banyak. 

Tak melulu harus murni menggunakan tokoh Islam karena dunia anak yang sudah lekat dengan Optimus Prime dan Bumble bee. 

Kalau dibilang mencakup semua nilai, tentu belum ya. Namanya komik, tentu masih ada pemaafan pada adegan berlebihan seperti tertawa ngakak atau gambar hidup fatwanga macam macam ya.

Bagaimanapun, terlepas dari sisi negatifnya yang sebaiknya dimaklumi demi kebaikan bersama, ini sudah langkah yang cukup baik. Semoga makin banyak komik serupa ya, sehingga syariah Islam bisa membumi pada semua pemeluknya. Amin. 

–>

Advertisements

Published by

esthy wika

Menjadi ibu, menjadi istri, menjadi aku dan saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s