Teladan Para Ibunda Salehah

Judul buku: Ibunda Para Ulama (Edisi Revisi)
Penulis: Sufyan bin Fuad Baswedan MA
Penerbit: Pustaka Al-Inabah, Jakarta 2012, cetakan kesembilan, November 2017
Tebal: 302 hal
ISBN: 978-979-1002-02-8

“Kamu ini diciptakan dengan penampilan yang membuatmu tidak cocok bergaul dengan anak muda. Maka jadilah orang yang taat beragama dan berilmu, sebab kedua hal itu akan menyempurnakan semua kekurangan dan menghilangkan semua keburukan.” (hal 152)
Nasehat ibunda dari Muhammad bin ‘Abdurrahman al Makhzumy, seorang hakim. Nasehat ini disampaikannya, demi menyadari bahwa putranya ini (konon) berpostur pendek, berparas amat jelek, lehernya masuk ke dalam, sedangkan kedua pundaknya menonjol seperti batu.

“Wahai putraku, tuntutlah ilmu, dan aku siap membiayaimu dari pintalanku… Wahai putraku, jika engkau telah mencatat sepuluh kalimat, maka perhatikan; Apakah engkau bertambah takut, sabar, dan sopan? Jika engkau tidak demikian, maka ketahuilah bahwa semua kalimat tadi akan membahayakanmu dan tidak bermanfaat bagimu,” (hal 156-7)
Pesan dari ibunda Sufyan ats Tsauri, seorang amirul mukminin dalam ilmu hadist di jamannya.

Continue reading Teladan Para Ibunda Salehah

Advertisements

Apesnya Si Tengah

Judul buku: Diary Si Bocah Tengil, Rodrick Yang Semena-mena
Penulis: Jeff Kinney
Penerjemah: Ferry Halim
Penyunting: Indah N.
Pewajah isi: Atu Kesuma
Penerbit: Atria, imprint Serambi Jakarta, November 2009
Tebal: 216 hal
ISBN: 978-979-1411-22-6

“…aku berharap dia sadar betapa dia sangat beruntung karena memiliki seorang adik seperti aku.” (hal.215)

Bisa menyimpulkan bagaimana ceritanya dari judul serta kalimat penutup di atas? πŸ˜‰

Greg, si bocah tengil yang memiliki diary. Dia anak kedua dari tiga bersaudara. Kakaknya Rodrick, adiknya Manny. Ayah dan ibu yang, meski tak terlalu kompak, sangat memperhatikan anak-anaknya.

Continue reading Apesnya Si Tengah

Kesunyian Yang Menawan

Judul buku: Beauty In Silence
Penulis: Marjam Rudijanto
Penyunting: Linna Permatasari
Foto sampul: Simon Herdman
Perancang sampul: Teguh Tri Erdyan
Penata letak: Desti Putri Tiararini
Penerbit: GAIA, Jakarta, 2014
Tebal: 203 hal
ISBN: 978-979-91-0800-5

“Saya harus bisa berbesar hati menerima berbagai macam bahasa, termasuk bahasa isyarat. Saya yakin semua orang tua pasti berharap anaknya yang tuli bisa berbicara, namun akhirnya saya menyadari bahwa kelompok anak tuli adalah kelompok minoritas yang memiliki budaya dan bahasanya sendiri yang selayaknya harus diterima dan dihargai. Saya akhirnya melihat bahwa sebagaimana bahasa lainnya, tak ada bahasa yang statusnya lebih rendah. Semua bahasa adalah sarana untuk mengekspresikan pikiran, perasaan, ide, pendapat, dan alat untuk berkomunikasi.” (hal. 22)

Efek setelah pilihan total komunikasi diambil keluarganya:

dia lebih ceria, lebih spontan, lebih ekspresif, matanya lebih hidup, dia lebih mampu mengendalikan emosi, lebih bervariasi, …

Marjam Rudijanto, adalah ibu dari Erika. Marjam dulunya adalah seorang dosen psikolog UI, yang melepaskan karirnya, demi mengabdi penuh kepada keluarga, apalagi saat si bungsu Erika, tervonis tunarungu. 
Continue reading Kesunyian Yang Menawan

The Peculiar Wizard, The Wights of Death Eaters, The Loop of 6 3/4

Judul buku: Miss Peregrine’s Home For Peculiar Children
Penulis: Ransom Riggs
Penerbit: Quirk Production, Philadelphia-USA, 2013
Tebal: 382 hal
ISBN: 978-1-59474-603-1

Ini hasil semedi membaca versi Inggris, lumayan banyak sinau lagi. Setelah selesai mumet bikin review, browsing, lhah menemukan versi Indonesia πŸ˜• Tentu aja gak kepikiran beli, kan udah baca πŸ˜‚. Jadi kalau ada istilah yang tak sepadan dengan terjemahan ciamiknya Gramedia, maklumkanlah kefakiran translasi saya, hehehe…

Abraham Portman atau Abe, menceritakan dan menunjukkan banyak foto aneh dari masa lampau, kepada Jacob, cucunya. Seperti foto gadis yang bisa melayang, seorang tanpa kepala, seorang berbadan bayi dan berwajah dewasa, anak lelaki dengan banyak lebah di sekitar tubuhnya. Meski Abe tak henti menceritakan banyak hal pada cucunya, Jacob menganggap itu semua hanyalah semacam fantasi atau lelucon belaka.

Suatu hari, kakeknya terdengar panik di telpon dan mengatakan bahwa dia dikejar sesuatu. Belum sempat memahami apa yang sedang terjadi, Jacob menemukan kakeknya di hutan, dalam kondisi terluka parah dan sekarat. Saat meregang nyawa, Abe memberikan beberapa pesan terakhir yang menjadi teka-teki bagi Jacob.

Continue reading The Peculiar Wizard, The Wights of Death Eaters, The Loop of 6 3/4

Buku-buku Ini Untukmu

Beberapa waktu lalu, saya berjanji akan mengobral buku-buku lawas. Bukan lawas banget sih, sebagai acara pembersihan, karena saya mengincar beberapa buku lain sebagai penghuni baru lemari. Saya belum doyan e-book dan memang tak suka melihat layar datar terlalu lama, lebih nyaman versi cetak ☺

Pagi ini, suami saya menegur lagi, apakah buku-buku yang sudah meluber sampai lantai itu, bisa dikasikan orang saja? 😒 Tiap bulan yang rutin ada Intisari, Bobo, dan majalah Nurul Hayat. Belum termasuk koran mingguan, arisan buku yang tebal-tebal, juga napsu beli buku baru kalau bisa berhasil menyisihkan uang belanja, hiks…

Kemarin sempat jual beberapa sih, trus saya males, hehehe… 

Karena itulah, saya pilihin beberapa yang masih bagus untuk bagi-bagi gratis. Silakan dipilih-pilih sambil disimak ya, syarat dan ketentuannya πŸ˜‰

Continue reading Buku-buku Ini Untukmu

Cinta Yang Kacau

Judul buku: Hatimu, Cinta Yang Selalu Meragu
Penulis: Salsa Oktifa
Editor: eNHa
Proofreader: Christian Simamora
Penata letak: Nopianto Ricaesar, Dian Novitasari
Desain sampul: Dwi Anissa Anindhika
Ilustrasi kaver: Yulian Aditya
Penerbit : Gagas Media, cetakan I 2012, cetakan II 2013
Tebal: 358 hal

Aku tak pernah percaya, ada sebuah persahabatan yang tulus antara seorang laki-laki dan perempuan tanpa adanya embel-embel perasaan lain yang mengikutinya (hal 34)

Inilah tema besar yang diangkat oleh novel roman ini. Seperti judulnya, banyak dialog yang lebih berhubungan dengan hati, yaitu suara hati Agia, suara hati Rain, dan suara hati Bari.

Continue reading Cinta Yang Kacau

Hubungan Nyata Itu Lebih Baik

Judul buku: Kancut Keblenger, Digital Love
Penulis: Irvina Lioni, Anggi Tristiyono, Ahmad Firdaus, Diana Puspita, Rizky Noorahmi, Kinanti Kawuryan, Mutia Han, Alitt Susanto
Editor: Syafial Rustama n Elly Afriani
Penata letak: Irene Yunita
Desain sampul: Gita Mariana
Ilustrasi kaver: Yulian Aditya
Penerbit: Bukune, 2013
Tebal: 186 hal
ISBN : 602-220-101-2

Sebenarnya agak malu juga mengetahui bahwa arti kancut adalah celana dalam. Pertimbangan saya beli buku ini adalah karena covernya unyu, lalu menebak isinya pasti lucu, dan kebetulan harganya lagi diskonan πŸ˜„ Memang sih, isinya lucu dan mengandung nostalgia, tapi kayaknya sudah bukan masanya saya baca buku semacam ini. Too old to read this book, hehehe…


Udah 26 tahun! Udah om-om! (hal 116)

Ini kalimat menohok banget, mengingat saya belum menikah di usia ini, baru persiapan. Sementara saat saya membaca buku ini, sudah beranak dua πŸ˜‚

Continue reading Hubungan Nyata Itu Lebih Baik