Bedebah Negeri (Siapa)

Sejak membaca karya awalnya berkarier, Moga Bunda Disayang Allah, saya memutuskan tak akan membeli bukunya TL. Bukan gue banget. Baca sih tetep, tapi pinjam aja deh 😉

Kenapa kemudian beli buku ini, adalaha karena dia bilang ini novel politik yang menyindir SBY. Asyik nih, politik yang dibungkus menjadi novel jauh lebih meyakinkan dan mendebarkan daripada urusan real politik itu sendiri. Ada simpang siur data dan fakta yang berpotensi memicu banyak konflik, melibatkan banyak kepentingan, dengan disclaimer ‘fiktif’ 😉

Novel bahkan bisa menjadi lebih real daripada kenyataan di lapangan ya. Semisal tenggelamnya kapal Titanic sudah terjadi dalam bentuk novel, bertahun-tahun sebelum malapetaka itu terjadi.

Continue reading Bedebah Negeri (Siapa)

Advertisements

Lamunan Liar Sang Sopir Truk

Awalnya mau saya kasi judul, Jatuh cinta pada si Iqbal 🙊 Hihihi, apa bedanya saya dengan para mahmud pemuja sekaligus musuh yang dipujanya. Iqbal ini malah suka berteman dengan orang-orang yang kontra dengannya, membuatnya bergairah untuk terus berdebat, tanpa terlalu diambil hati. Katanya sih… 😁

Belinya di lapak Siti Maryamah, endorsenya oleh Siti Maryamah, Jihan, Puthut, beserta sejumlah nama yang sering wara wiri di jagad maya. Dunia ternyata ‘sempit’ ya…

Continue reading Lamunan Liar Sang Sopir Truk

Teladan Para Ibunda Salehah

“Kamu ini diciptakan dengan penampilan yang membuatmu tidak cocok bergaul dengan anak muda. Maka jadilah orang yang taat beragama dan berilmu, sebab kedua hal itu akan menyempurnakan semua kekurangan dan menghilangkan semua keburukan.” (hal 152)
Nasehat ibunda dari Muhammad bin ‘Abdurrahman al Makhzumy, seorang hakim. Nasehat ini disampaikannya, demi menyadari bahwa putranya ini (konon) berpostur pendek, berparas amat jelek, lehernya masuk ke dalam, sedangkan kedua pundaknya menonjol seperti batu.

“Wahai putraku, tuntutlah ilmu, dan aku siap membiayaimu dari pintalanku… Wahai putraku, jika engkau telah mencatat sepuluh kalimat, maka perhatikan; Apakah engkau bertambah takut, sabar, dan sopan? Jika engkau tidak demikian, maka ketahuilah bahwa semua kalimat tadi akan membahayakanmu dan tidak bermanfaat bagimu,” (hal 156-7)
Pesan dari ibunda Sufyan ats Tsauri, seorang amirul mukminin dalam ilmu hadist di jamannya.

Continue reading Teladan Para Ibunda Salehah

Apesnya Si Tengah

“…aku berharap dia sadar betapa dia sangat beruntung karena memiliki seorang adik seperti aku.” (hal.215)

Bisa menyimpulkan bagaimana ceritanya dari judul serta kalimat penutup di atas? 😉

Greg, si bocah tengil yang memiliki diary. Dia anak kedua dari tiga bersaudara. Kakaknya Rodrick, adiknya Manny. Ayah dan ibu yang, meski tak terlalu kompak, sangat memperhatikan anak-anaknya.

Continue reading Apesnya Si Tengah

Kesunyian Yang Menawan

“Saya harus bisa berbesar hati menerima berbagai macam bahasa, termasuk bahasa isyarat. Saya yakin semua orang tua pasti berharap anaknya yang tuli bisa berbicara, namun akhirnya saya menyadari bahwa kelompok anak tuli adalah kelompok minoritas yang memiliki budaya dan bahasanya sendiri yang selayaknya harus diterima dan dihargai. Saya akhirnya melihat bahwa sebagaimana bahasa lainnya, tak ada bahasa yang statusnya lebih rendah. Semua bahasa adalah sarana untuk mengekspresikan pikiran, perasaan, ide, pendapat, dan alat untuk berkomunikasi.” (hal. 22)

Efek setelah pilihan total komunikasi diambil keluarganya:

dia lebih ceria, lebih spontan, lebih ekspresif, matanya lebih hidup, dia lebih mampu mengendalikan emosi, lebih bervariasi, …

Marjam Rudijanto, adalah ibu dari Erika. Marjam dulunya adalah seorang dosen psikolog UI, yang melepaskan karirnya, demi mengabdi penuh kepada keluarga, apalagi saat si bungsu Erika, tervonis tunarungu.

Continue reading Kesunyian Yang Menawan

The Peculiar Wizard, The Wights of Death Eaters, The Loop of 6 3/4

Ini hasil semedi membaca versi Inggris, lumayan banyak sinau lagi. Setelah selesai mumet bikin review, browsing, lhah menemukan versi Indonesia 😕 Tentu aja gak kepikiran beli, kan udah baca 😂. Jadi kalau ada istilah yang tak sepadan dengan terjemahan ciamiknya Gramedia, maklumkanlah kefakiran translasi saya, hehehe…

Abraham Portman atau Abe, menceritakan dan menunjukkan banyak foto aneh dari masa lampau, kepada Jacob, cucunya. Seperti foto gadis yang bisa melayang, seorang tanpa kepala, seorang berbadan bayi dan berwajah dewasa, anak lelaki dengan banyak lebah di sekitar tubuhnya. Meski Abe tak henti menceritakan banyak hal pada cucunya, Jacob menganggap itu semua hanyalah semacam fantasi atau lelucon belaka.

Suatu hari, kakeknya terdengar panik di telpon dan mengatakan bahwa dia dikejar sesuatu. Belum sempat memahami apa yang sedang terjadi, Jacob menemukan kakeknya di hutan, dalam kondisi terluka parah dan sekarat. Saat meregang nyawa, Abe memberikan beberapa pesan terakhir yang menjadi teka-teki bagi Jacob.

Continue reading The Peculiar Wizard, The Wights of Death Eaters, The Loop of 6 3/4

Buku-buku Ini Untukmu

Beberapa waktu lalu, saya berjanji akan mengobral buku-buku lawas. Bukan lawas banget sih, sebagai acara pembersihan, karena saya mengincar beberapa buku lain sebagai penghuni baru lemari. Saya belum doyan e-book dan memang tak suka melihat layar datar terlalu lama, lebih nyaman versi cetak ☺

Pagi ini, suami saya menegur lagi, apakah buku-buku yang sudah meluber sampai lantai itu, bisa dikasikan orang saja? 😢 Tiap bulan yang rutin ada Intisari, Bobo, dan majalah Nurul Hayat. Belum termasuk koran mingguan, arisan buku yang tebal-tebal, juga napsu beli buku baru kalau bisa berhasil menyisihkan uang belanja, hiks…

Kemarin sempat jual beberapa sih, trus saya males, hehehe… 

Karena itulah, saya pilihin beberapa yang masih bagus untuk bagi-bagi gratis. Silakan dipilih-pilih sambil disimak ya, syarat dan ketentuannya 😉

Continue reading Buku-buku Ini Untukmu